Membuat Website

WordPress : Membuat Website dengan WordPress


Membangun Sebuah Website

Ketika kita ingin membuat sebuah website yang online di internet, kita membutuhkan tiga buah hal pokok yaitu :

  1. SebuahWeb Hosting sebagai tempat penyimpanan semua data Web kita,
  2. Sebuah Domain Name sebagai “alamat” yang memudahkan orang mengakses Website kita dan,
  3. Web itu sendiri yang berisi tampilan website.

Anda bisa memilih layanan langganan berbayar maupun gratisan. Biasanya layanan yang berbayar memberikan fasilitas yang lebih baik dan lengkap. Namun, apabila Anda baru memulai dan masih mencoba dapat memulai dengan yang gratis dahulu baru kemudian Upgrade untuk mendapatkan layanan yang “lebih” kalau Anda sudah siap.

Domain Name

Sebuah provider Web Hosting ada yang sekaligus memberikan Domain Name untuk pelangannya. Tetapi kalau nama itu tidak sesuai dengan keinginan kita, kita bisa mencari layanan Domain Name yang lain.

Domain Name ada yang gratis dan ada yang berbayar. Domain name yang berbayar misalnya .com , .net , .info , .biz ,dan lain-lain. Domain ini biasanya banyak dijual olah para penyedia website hosting atau penyedia layan nama domain itu sendiri. Domain yang gratis biasanya berupa subdomain seperti co.cc, cjb.net, atau URL redirecting seperti .da.ru, .co.nr, .w56.org, .vdirect.com, .int.tl, Joynic(*.us.tt), Smartdots(*.net.tc), dot.tk(*.tk). Layanan redirecting URL dipakai untuk memperpendek URL yang sudah ada jika terasa terlalu panjang seperti http://www.geocities.com/research/index.html atau subdomain seperti http://namawebsite.bravehost.com.

Web Hosting

Banyak layanan webserver yang menyediakan layanan gratisan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita. Kalau kita membutuhkan database, kita harus mencari yang punya layanan database seperti MySQL, MS SQL, Oracle, dsb. kalau website kita akan berinteraksi dengan pengunjung maka kita membutuhkan layanan PHP, JSP, ASP, CGI atau Perl. Selain itu ada pula webserver yang mewajibkan website anda menampilkan iklan/banner. Anda juga yang memilih berapa kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang ditawarkan oleh setiap webserver. Contoh-contoh webserver (semuanya menyediakan layanan gratisan):


  • 000WebHost
    (direkomendasikan karena relatif mudah dan fasilitas lengkap, ada PHP, MySQL, Fantastico autoinstaller, dan kesempatan bisnis affiliasi (salah satu cara menghasilkan uang di internet yang sangat populer) dengan pendapatan yang lumayan)
  • Bravenet/Bravehost
    (FTP, ada iklan, free template),
  • Geocities
    (free builder, tool page wizard),
  • Doteasy
    (lengkap, ada PHP, MySQL, CGI, Perl, SSI, ASP, FrontPage, Span dan filter virus),
  • Broadphase
    (file manager, FTP, PHP, CGI, Perl, MySQL),
  • Freeservers
    (ada banner/popup, file manager, guestbook, counter, site builder, tapi sayang kapasitasnya hanya 12 MB untuk yang gratis dengan bandwidth 0,5 GB),
  • Orgfree
    (aktivasi instan, FTP, PHP, MySQL, PHPMyAdmin dengan kapasitas cukup besar yaitu 125 MB dan bandwidth unlimited).
  • Virtual Avenue
  • Prohosting

dan lain-lain.

WordPress.org dan wordpress.com


Anda pastinya tahu tentang wordpress.com yaitu sebagai penyedia layan blogging gratis yang cukup terkenal. Membuat blog dengan wordpress.com mempunyai banyak keunggulan dengan pilihan template yang banyak, kemudahan pakai, dan yang paling menarik adalah optimasi mesin pencari yang memudahkan blog kita terindeks di search engine.

Akan tetapi yang akan kita bicarakan di sini bukan wordpress.com melainkan wordpress.org (perbedaan antar keduanya bisa Anda nilai sendiri). WordPress adalah sebuah content management system (CMS)-yaitu software untuk pengembangan dan pengelolaan situs web. WordPress lebih cenderung mengadaptasi konsep blog, sehingga desainnya lebih ke arah desain blog. Sedangkan CMS lain yang juga popular antara lain Joomla dan Mambo yang cenderung digunakan untuk desain portal.

WordPress menyediakan semua software yang Anda butuhkan untuk membuat website. Jadi Anda tidak perlu susah-susah belajar kode-kode HTML, CSS, PHP, SQL dan lain-lain. Software yang disediakan wordpress bersifat Open Source sehingga dapat diperoleh secara gratis. anda tinggal mendownloadnya di wordpress.org. Kunjungi http://www.wordpress.org dan klik [Download WordPress 2.7]- versi terbaru saat tulisan ini dibuat adalah 2.7. Software wordpress ini selalu diperbarui, sehingga versi terbarunya akan selalu berubah. File yang kita download berupa file terkompresi, sehingga kita membutuhkan software kompresi untuk membukanya. Software kompresi misalnya 7-Zip yang dapat didownload di http://www.7-zip.org/. Software Open Source ini dapat digunakan di lingkungan WINDOWS 95/98/ME/NT/2000/2003/XP/Vista.

Operasional WordPress


Software wordpress dalam operasionalnya membutuhkan perangkat lunak lain yaitu PHP dan MySQL. PHP adalah salah satu program server side (yaitu program yang hanya bisa dijalankan oleh server) yang digunakan untuk menjalankan script-script PHP yang ada di software wordpress. Sedangkan MySQL adalah sebuah salah satu program database yang digunakan sebagai tempat penyimpanannya.

Sama seperti software pada umumnya, wordpress juga mempunyai minimum requirements untuk setiap versinya. Untuk melihatnya ada di http://wordpress.org/about/requirements/. Untuk wordpress versi 2.6.2 misalnya dibutuhkan PHP versi 4.3 dan MySQL versi 4.0.


Satu Tanggapan to “Membuat Website”

  1. Upload wordpress dengan domain co.cc « Khairiy’s Blog Says:

    […] Langkah pertama membuat website adalah mendaftarkan nama situs/ domain. Pendaftaran ini dapat dilakukan pada layan tersendiri atau nanti bersamaan dengan pendaftaran web hosting yang berarti domain disediakan oleh layan webhosting. Untuk mendapatkan nama domain sendiri bisa melihat Daftar Layan Domain. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: