WordPress : Membuat Situs di Server Online

WordPress : Membuat Situs di Server Online


Membuat situs wordpress di sini bisa dengan dua cara : Offline dan Online. Offline artinya kita membuat situs kita di server lokal yang diinstall di PC sendiri. Kalau Online berarti ya kita membuat situs yang sebenarnya di server web online. Di sini akan dijelaskan langkah-langkah membuat web wordpress dengan cara Online. yang berarti koneksi internet selalu siap selama kita membuat web. Untuk yang cara Offline akan dijelaskan di halaman lain.



Secara Umum Langkah-langkah Membuat Website WordPress Online adalah:

  1. Mendaftarkan Domain dan Web hosting Anda

  2. Membuat database di server
  3. Mengunduh dan menyiapkan file wordpress
  4. Install wordpress
  5. Mengarahkan nama domain(Opsional)


Mendaftarkan Domain Web

Langkah pertama membuat website adalah mendaftarkan nama situs/ domain. Pendaftaran ini dapat dilakukan pada layan tersendiri atau nanti bersamaan dengan pendaftaran web hosting yang berarti domain disediakan oleh layan webhosting. Untuk mendapatkan nama domain sendiri bisa melihat Daftar Layan Domain.

Mendaftar ke Layanan Web Hosting

Untuk melihat beberapa layan web hosting dapat dilihat di Daftar Layan Web Hosting. Langkah-langkah membuatnya pada umumnya hampir sama. Kunjungi salah satu layan webhosting, Klik [Sign Up] untuk mendaftar, lengkapi pendaftarannya sampai selesai. Apabila pendaftaran sudah sukses, kita akan diberikan General Account Details, FTP Details dll. yang akan dikirimkan ke email kita. Email itu juga berisi username dan password kita, ini yang paling penting. Biasanya password akan sama untuk setiap layanan tetapi username bisa saja berbeda. Catat dan ingat saja baik-baik username dan password hanya untuk login di web hosting itu.

Membuat Database

Langkah ini adalah langkah pokok dalam membuat website. Tanpa database kita tidak bisa menempatkan file-file kita di server. Langkah-langkah membuat database :

  1. Dicari ikon MySQL database (di sini digunakan MySQL)

  2. Dibuat nama database baru, misalnya “namaDB” klik [Create Database]
  3. Dibuat nama pemakai (Username) untuk database yang dibuat tadi dan juga passwordnya. Username di sini misalnya “userDB”, ketik password kita sendiri dan klik [Create User].
  4. Dikaitkan Username dengan nama database. Kadang-kadang Username dengan nama database ditambahi username atau user login account kita. Contohnya di sini Username adalah “username_userDB” dan nama database “username_namaDB”. Kalau sudah, klik [Add].
  5. Apabila ada opsi lain, misalnya Privileges, klik [All Privileges] lalu klik [Make Change].
  6. Dicatat nama database, Username, dan passwordnya. Sampai di sini database telah dibuat beserta nama pemakainya.

Catatan : pada beberapa layan hosting, ada yang membuat langsung dalam satu langkah yaitu langsung mengisikan MySQL database name, MySQL user name, Password for MySQL user, dan enter password again. Jadi analogikan saja langkah-langkah itu. Satu lagi, kalau ada peringatan “Do not use localhost !” maka catatlah nama MySQL host-nya. Bila tidak ada, ya tidak usah, tapi cari dulu siapa tahu ada.

Mengunduh File WordPress

Unduhlah file wordpress kalau belum punya. Versi terbaru saat ini adalah wordpress 2.7. Unduh filenya di http://wordpress.org. WordPress tersedia dalam beragam bahasa. Bahasa Indonesia juga ada, unduhlah wordpress dengan bahasa yang Anda kuasai. File tersedia dalam format kompresi .zip dan tar .gz, pilihlah format mana yang software kompresi Anda mendukungnya.

Menyiapkan File WordPress

Setelah diunduh, ekstraklah file wordpress tersebut. Akan menjadi sebuah folder dengan nama wordpress. Buka folder tersebut dan carilah file wp-config-sample.php. [Rename]lah nama file tersebut sehingga menjadi wp-config.php. Buka file tersebut dengan editor text sederhana seperti Notepad atau Wordpad. Carilah teks “putyourdbnamehere”, “usernamehere”, dan “yourpasswordhere” serta “localhost”. Ganti teks-teks tersebut dengan nama database (dalam contoh ini “username_namaDB”), Username (“username_userDB”), dan password kita pada langkah membuat database. Untuk “localhost” pada umumnya tidak usah diganti, tetapi kalau server kita memberikan nama MySQL host yang lain, kita ganti tulisan tersebut dengan nama hostnya misalnya di sini “mysql5.000webhost.com”.

Setelah selesai diedit, simpan [Save] file wp-config.php tersebut. Kompresilah isi folder wordpress dengan format .zip. File wordpress.zip ini apabila dimekarkan hasilnya adalah folder-folder dan files di bawah folder wordpress. Ingat! Jadi jangan mengkompresi folder wordpress, tapi kompresilah isi foldernya.

Kembalilah ke web server kita tadi dan kunjungilah [File Manager]-nya. Akan terlihat daftar folder pada tampilan File Manager. Carilah folder yang disediakan server kita untuk tempat mengupload file-file. Biasanya ada tulisan “Upload your files here”. Biasanya nama foldernya “public_html” atau “htdocs”.

Saran : Supaya rapi, buatlah folder baru di bawah “public_html”, misalkan folder “blog”. Hal ini akan membuat pengunjung web kita nantinya harus mengetikkan “http://namawebsite.com/blog. “blog” adalah nama folder tadi. Untuk membuat pengunjung web kita tetap mengetikkan http://namawebsite.com saja, kita akan pelajari caranya nanti.

Buka folder “blog” lalu klik [Upload]. Kita akan dibawa ke halaman upload. Cari [Browse] pada opsi [Upload compressed .zip file/s], cari file wordpress.zip tadi di komputer kita, lalu klik [Upload] atau tanda centang/check untuk mulai upload. Tunggu sampai proses Upload selesai. File wordpress.zip kita tadi sudah otomatis diekstrak di bawah folder “blog”.

Menginstall WordPress

Untuk menginstall, ketikkan pada browser “http://namawebsite.com/blog/wp-admin/install.php”, kalau konfigurasinya benar, akan muncul halaman Welcome dari WordPress. Isilah nama blog (nama blog ini bisa diganti sewaktu-waktu) dan e-mail kita. Lalu klik [Install WordPress]. Kita akan diberikan username dan password untuk login. Biasanya username adalah “Admin” dan password akan diberikan secara acak. Klik [Login]. Gunakan username dan password untuk login. Setelah login, gantilah password Anda kalau karena biasanya password yang diberikan sangat rumit. Ganti password dengan klik [Users]di sebelah kanan-[Your Profile]di sebelah kiri atas. Pada bagian New Password, isikan password Anda dan klik [Update Profile].

Sampai di sini Web WordPress sudah siap digunakan. Setiap saat kalau ingin login tinggal ketikkan “http://namawebsite.com/wp-admin”.

Mengarahkan URL

Pertama, Login ke wordpress Anda dan Klik [settings]. Carilah “WordPress Address(URL)” isilah dengan “http://namawebsite.com/blog”. Sedangkan pada “Blog Address”, isikan “http://namawebsite.com”. Klik [Save Changes], biarkan kalau ada pesan Error.

Kedua, Buka File Manager di web hosting Anda dari Control Panel, copy-lah file “index.php” dan “.htaccess” dari folder “blog” ke folder root “public_html”

Ketiga, editlah “index.php” dengan editor teks, ubahlah baris “require(‘./wp-blog-header.php’);” menjadi “require(‘.blog/wp-blog-header.php’);.

3 Tanggapan to “WordPress : Membuat Situs di Server Online”

  1. ELNA Says:

    puzink…………nhe
    gmn cr nya,,
    uat kan langkah2x ny donk
    thank`z yach.
    by:elna

  2. uangsuper Says:

    mantap,,!!
    punya website sendiri itu emang enak,,,
    setelah bisa bikin website,,

    hal yg paling penting adalah upload ke hosting agar website yg telah dibuat bisa diakses oleh semua orang di dunia..

    karena itu saya memberikan ebook “cara bikin web gratis dan cara upload website ke hosting”…dan asyiknya ini adalah GRATIS.

    jelas dan detil serta dilengkapi dengan gambar agar mudah dipahami.

    salam super sukses.
    terbarlah kebaikan dengan banyak memberi yg terbaik.

    untuk admin salam kenal ya..:)

  3. adminsini Says:

    to Elna : maaf banget, saya belum punya hosting buat nyimpen gambar2. Itu sudah ada yang membantu di atas, Terima kasih buat uangsuper yang mau membantu…🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: