Tips

Tips Memilih Web Hosting

web hosting

web hosting

Memilih web hosting sepintas memang mudah, tentunya anda harus hati-hati dalam memilih provider web hosting. Banyak web hosting yang menawarkan fasilitas nyaris tidak terbatas dan harga yang amat murah bahkan sampai ratusan Gigabyte space, sesungguhnya hal ini tidak baik bagi situs anda karena ada keterbatasan dikarenakan infrastruktur server dan jaringan data center itu sendiri, server yang diisi dengan banyak situs yang bertraffic tinggi akan mengakibatkan beban server meningkat, akibatnya situs anda sulit sekali diakses atau sering down.

  1. Keberadaan perusahaan meliputi status badan hukum, alamat kantor secara fisik, nomor telepon, dan email yang jelas.
  2. Berapa lama mereka sudah beroperasi? Berapa pegawai yang mereka punyai? Memang ukuran ini tidak selalu pasti untuk menilai mutu layanan sebuah web hosting. Namun, perusahaan hosting yang lebih tua biasanya lebih berpengalaman dan profesional.
  3. Harga, siapa aja paling seneng kalo harganya murah, tapi harga murah belum tentu jelek atau bagus. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang ditawarkan penyedia lain.
  4. Fasilitas. disini termasuk, management domain dan hosting, apakah anda di bolehkan untuk memilih apakah harus hosting di situ seterusnya atau anda bisa mengarahkan domain anda kemana saja anda mau. Artinya Anda harus punya hak untuk mengatur domain Anda sepenuhnya. Perhatikan juga fasilitas aplikasi/software/librari yang standar dibutuhkan banyak orang, seperti PHP, MySQL, Perl, dengan versi yang cukup baru dan berikut librari-librarinya. Cari tahu juga hosting tersebut berbasis Unix atau Windows, Unix banyak dibilang lebih stabil dibandingkan Windows.
  5. Customer Support, ini penting karena web anda bisa saja down atau mengalami masalah sewaktu-waktu. Lihat web hosting yang customer supportnya selalu online 24 jam/7.
  6. Keamanan dan Kualitas server. Sebaiknya Anda bertanya kepada penyedia hosting, seberapa sering mereka melakukan backup, dan menghindari penyedia hosting yang tidak jelas policy backupnya dan hanya seminggu atau sebulan (!) sekali melakukan backup. ini amat penting karena seringkali data di server (termasuk email dan database) adalah satu-satunya kopi yang dimiliki oleh pelanggan hosting. Pengalaman telah membuktikan, adanya backup harian dan histori 1 minggu pada server-server sebuah web hosting telah beberapa kali menyelamatkan kehilangan data yang penting akibat mesin/harddisk crash, atau kecelakaan karena tak sengaja terhapus, dsb.

    Perhatikan juga keamanan server. Ini karena server yang sering dihack akan menjadi sering down bahkan sering kehilangan data, sesuatu yang amat mengganggu operasi server.

  7. Tanya, sebaiknya anda tanya teman atau customer dari sebuah web hosting tentang layanan yang mereka dapat dari sebuah penyedia web hosting. Biasanya orang akan memberikan keterangan tentang kekurang dan kelebihan dari sebuah layanan yang mereka terima. Dan minta rekomendai apakah atau dimana sebaiknya Anda membeli domain dan web hosting.

tips ini berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber kalau mau referensi lengkap mengenai memilih web hosting silakan baca di sini , kurang lebihnya mohon dikoreksi ..Untuk web hosting di Indonesia silakan coba kunjungi my.idebagus.com
Sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: