Tips Menulis Artikel

Tips Menulis Artikel

Beberapa Hal Yang Harus Dipenuhi,

  1. Topik hasil pemikiran sendiri yang sesuai dengan konsep media yang akan menyampaikan artikel tersebut. Topik ini lebih baik jika merupakan topik yang sedang HANGAT/HOT, UNIK, MENARIK, dan yang sangat penting adalah BERGUNA bagi pembacanya. Media yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan hasil pemikiran/artikel itu. Media dapat berupa alat atau jenis dari alat untuk menyampaikan informasi. Contoh media yang berupa alat adalah seperti blog atau website, majalah atau tabloid, pamflet, poster, bulletin dll. sedangkan media yang merupakan jenis dari alat adalah seperti media publik atau media khusus.
  2. Mendapatkan data yang AKURAT, TERPECAYA, dan UP TO DATE. Salah satu sifat artikel yang merupakan hasil pemikiran dan hasil pengalaman sendiri dari si penulis adalah isinya yang selalu nyata dan up to date. Karena itu, orang yang suka menduplikat artikel orang lain biasanya tidak tahu kalau artikel tersebut sebenarnya kurang up to date dan sudah tersedia versi yang lebih baru. Terpecaya artinya data itu benar-benar exact dan sudah dilakukan penelitian yang serius sehingga muncullha data tersebut. Jadi, data nantinya tidak asal-asalan dan bersifat OBYEKTIF karena data ini akan dikembangkan menjadi artikel yang bisa bersifat OBYEKTIF maupun SUBYEKTIF.
  3. Mengubah data menjadi kalimat yang berisi komentar (hasil pemikiran) tentang data tersebut. Komentar boleh SUBYEKTIF ataupun OBYEKTIF namun tetap DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN.
    Artikel menggunakan BAHASA yang sesuai dengan sifat medianya. Bahasa yang lebih FORMAL diperlukan untu media formal. Sedangkan untuk media yang lebih pribadi atau kurang formal boleh menggunakan bahasa SANTAI/SEHARI-HARI guna menciptakan suasana yang menyenangkan dengan pembaca.
  4. Artikel menggunakan BAHASA yang sesuai dengan sifat medianya. Bahasa yang lebih FORMAL diperlukan untu media formal. Sedangkan untuk media yang lebih pribadi atau kurang formal boleh menggunakan bahasa SANTAI/SEHARI-HARI guna menciptakan suasana yang menyenangkan dengan pembaca.
  5. Artikel sebaiknya tidak terlalu panjang namun tetap menyampaikan isi dengan padat, mengarah, tepat sasaran dan jelas. Orang-orang kebanyakan sangat malas jika mengetahui artikel yang akan dibaca itu ternyata panjang. Hal ini disebabkan mereka lebih mencari point2 penting dan tidak mau kecewa bila nanti sudah membaca panjang dan lama akhirnya tidak memberikan informasi yang diinginkan.

Itulah beberapa tips yang mungkin membantu untuk menulis artikel. banyak orang mengatakan menulis itu susah, ternyata tidak susah kalau kita tahu caranya. Asalkan kita punya pikiran yang sehat dan mampu berpendapat, pastinya kita bisa membuat artikel yang bagus sesuai dengan bidang yang kita kuasai.

PENTING! : Jika setelah membaca artikel ini, ternyata Anda masih berpikiran kalau menulis artikel itu sulit, mulailah menulis dulu apa saja yang Anda pikirkan. Learning is by doing, kata pepatah. Belajar tanpa mempraktekkan adalah sama saja seperti tidak belajar apapun. Belajar yang paling baik adalah dengan praktek langsung. Dengan demikian, pengalaman2 akan Anda dapatkan dan lama2 Anda akan merasa menguasai sehingga tidak akan merasa sulit lagi.

Posted by Dedi, Yogyakarta, 07 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: